Minggu, 07 Agustus 2016

Merawat Perangkat Laptop

Hallo para Pembaca semua (: .
Ini adalah artikel pertama yang Saya tulis. Jadi mohon dimaklumi jika ada kesalahan atau tampilan blog ini yang masih terlalu sederhana .
Oke langsung saja kita ke topik pembahasan, khususnya buat teman - teman yang mugnkin baru beli laptop atau belum tau tentang bagaimana cara merawat laptop agar bisa meminimalisir kerusakan paada laptop khususnya pada perangkat laptopnya.

Yang pertama harus kita tau adalah perangkat umum yang ada didalam laptop.
  1. Ram
  2. HDD
  3. Baterai
  4. Prosessor
  5. Vga
  6. MotherBoard
  7. Kipas Prosessor
Pada dasarnya ketika kita baru saja membeli laptop dan mulai menggunakannya memang sangat jarang ditemui masalah pada laptop anda, biasanya masalah pada laptop muncul pada pemakaian setelah 6 bulan atau mungkin lebih ( bisa juga dalam satu bulan tergantung pemakaian ) .

Yang pertama adalah RAM : masalah yang biasa dihadapi oleh pengguna adalah ram tidak terdeteksi, coba Anda ambil penghapus dan gosokan pada kuningan ram dengan mengosoknya dengan satu arah dan dengan gerakan yang sedang saja jngan terlalu kasar, setelah itu pasang kembali RAM tersebut, jika belum berhasil coba pindahkan letaknya siapa tahu saja slot tersebut rusak,


Yang kedua adalah HDD : Ini adalah bagian penting dari laptop karna HDD fungsinya menyimpan banyak sekali dari Data - data anda. cari tahu dimana letak harddiks anda, jika anda sudah tau coba untuk jangan meletakkan benda berat atau menekan di bagian HDD anda pada luar laptop karna bisa merusak kinerja HDD atau jangan membalik menggoyangkan laptop ketika laptop tersebut menyala .

Jika ingin mengangkat laptop usahakan dalam keadaan rata .

Yang ketiga adalah Baterai laptop : Penah denger gk teman kalian main laptop sampai seharian dengan laptop dalam keadaan selalu tersambung charger ? ,penyebabnya adalah baterai tersebut sudah drop alias dalam keadaan sakit dan sangat direkomendasikan untuk diganti. Untuk menghindari masalah itu sebaiknya jngan memainkan laptop saat sedang mengisi daya, usahakan sudah terisi penuh atau 90% keatas baru digunakan, karena bisasnya jika sudah drop baterai tidak mau terisi lagi dan harus terus tersambung charger sperti yang saya alami. walaupun sudah dicharger seharian baterai tetap 1% :











Kecuali memang Anda dalam keadaan terpakasa atau sedang mengerjakan tugas deadline.

Yang keempat adalah prosessor : Biasanya dalam penggunaan satu atau dua tahun prosessor akan mudah panas dan mengakibatkan komputer kita bisa restart sendiri ( bisa juga faktor lain ), nah coba deh buat kalian buka bagian laptop terus ambil prosessor tersbut dan lihat apakah Pasta atau  Thermal paste/Thermal grease sudah habis atau tinggal sedikit.


Sumber : Google Image













Ketika anda mendapati pasta tersebut sudah habis sebaiknya lekas di tambah pasta baru lagi, cara menggunakannya adalah dengan membersihkan sisa pasta lama sampai bersih setalah itu letakan pasta baru anda tepat  di bagian tengah - tengah prosessor dan setelah itu pasang kembali. 

Untuk pasta sendiri bisa anda dapatkan di toko - toko komputer dengan harga yang berbeda ada yang murah seharga 20 ribu dengan kualitas seminggu sekali di ganti pasta baru atau ada juga yang dengan harga 120 ribu dengan kualitas smpai 6 bulan baru diganti lagi.

Yang kelima adalah VGA : Vga ini adalah kartu grafis pendukung prosessor ( biasanya hanya laptop dengan harga yang lumayan tinggi yang memilikinya ) untuk perawatan nya sama saja dengan apa yang sudah saya bahas pada prosessor di atas tadi :D .

Yang keenam adalah MotherBoard : Yang satu ini sering juga disebut sebagai mainboard pada laptop adalah perangkat yang sangat penting karna jika ini sampai mengalami masalah habislah kalian :D .

karena motherboard adalah jantung dari perangkta yang sudah kita bahas tadi. Untuk itu jangan pernah sekali kali menyalakan laptop tanpa memasang baterai, ini adalah cara yang salah yang sering digunakan oleh anak - anak sekolahan dengan alasan agar baterai tidak cepat drop.
Masalah besarnya adalah dengan melepas baterai aliran listrik akan di alihkan pada motherboard sepenuhnya dan tidak ada penahan aliran, akibat nya motherboard kelebihan beban dampaknya akan terjadi setelah pemadaman listrik secara tiba - tiba yang bisa merusak mainboard, karena jika sudah rusak tidak akan bisa diperbaiki. Sebaiknya jngan pernah melapas baterai laptop ketika dinyalakan.
Jadi anda lebih pilih beterai nya dengan harga ratusan ribu atau laptop anda dengan harga jutaan ?

Yang terakhir adalah Kipas Prosessor : Pernahkah Anda mendengar suara berbunyi nyaring dan berisik yang berasal dari laptop Anda ?, jika sedang mengalaminya sebaiknya Anda coba bongkar dan cek bagian kipas prosessor Anda bisa jadi bagian kipas tersebut sudah tertutupi oleh debu. 

Yang anda harus lakukan adalah membersihkannya, yang paling sulit dibersihkan adalah bagian baling - baling kipas karena berukuran kecil bersihkanlah sampai semua debu dan kotoran hilang, Bisa Anda gunakan tisu atau lap yang dibasahi air terlebih dahulu lalu di peras hingga lap dalam keadaan lembab dan sudah tidak mengeluarkan air lagi. Ketika sudah dibersihkan maka suara yang kipas yang berisik dan udara panas yang keluar dari lubang udara laptop akan berkurang.

Note : Jika tidak bisa membongkar lebih baik minta bantuan pada ahlinya, dan juga yang terpenting jangan memainkan laptop di atas paha atau kasur sebaiknya guanakan di atas meja atau apapun yg terbuat dari kayu dan tidak menimbulkan panas .



Sekian Info yang bisa saya bagikan, jika ada kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun .