Selasa, 16 Agustus 2016

Merawat Sistem OS Windows Pada Perangkat Komputer/Laptop

Disini saya akan memberikan beberapa tips sederhana agar kalian tidak selalu mengganti system windows kalian atau biasa dikenal dengan install ulang sytem windows .
Jadi silahkan simak Step by Step yang sudah saya paparkan dibawah ini .

Sumber : Google Image

Langkah pertama adalah Pasang WinGadget .
Seperti Jam, GPU Meter, Cpu Meter . Tujuanna adalah agar kalian bisa tau performa Laptop kalian itu satabil atau gk, kalian bisa melihat pemakaian Ram, pemakian Prosessor juga bisa melihat Suhu pada kartu grafik jika kalian memasang GPU Meter untuk NVidia .
Selain itu juga ada Network Meter, Battery Meter, dan lain - lain . Fungsinya adalah tidak lain untuk mengetahui langsung keadaan laptop kalian dan juga bisa gunakan Start Task Manager dengan Menekan tombol CTRL + ALT + DEL .

Langkah Kedua
Tau Windows Update ? itu adalah pembaharuan sistem secara resmi oleh Microsoft. Saya bisa pastikan jika tidak salah kemungkinan ada 98% pelajar menggunakan winbajakan. Oleh karena itu sebaiknya kalian matikan fungsi ini untuk menghindari hal  hal yang tidak diinginkan .
caranya : Masuk pada windows Explorer, atau tekan logo windows pada keyboard + E, lalu klik kanan pada komputer (diatas Local Disk C) klik properties, kli menu windows update, setelah masuk klik change setting, pilih Never Check .



Langkah Ketiga
Sering Download lagu, film, game, aplikasi ? . Hati - hati dalam men-download. Pengalaman saya banyak temen2 yang laptopnya yang terkena virus karena asal men-download . Sebelum men-download lagu pastika file estensinya adalah .mp3 , sebelum men-download video pastikan file esktensinya adalah .mp4, mpeg4 dll. Jika yang kalian download adalah file ektensi .exe sebaiknya jangan didownload, karena lagu atau pun video tidak memiliki format itu, itu hanyalah aplikasi dari orang lain yang tidak jelas agar kalian memasang di laptop kalian dan terkadang tidak jelas fungsinya . 
Terkecuali kalian ingin men-dowmload aplikasi atau program memang dengan file format ektensinya adalah .exe , tetapi perlu diperhatikan juga ukuran file tersebut jikalau memang nama file tersebut sama dengan yang kalian ingin download tetapi hanya berukuran >1MB saja sudah dipastikan itu bukanlah file yang anda cari dan jangan coba untuk menginstallnya .

Langkah Keempat
Kalian jelas memakai antivirus kan di komputer atau laptop kalian ?
Berapa antivirus yang kalian pasang ? 1,2,3,4 ? atau bahkan 5 ? haha. . .
cobalah untuk menggunakan satu antivirus ini, jangan kalian beranggapan banyak antivirus sistem kalian akan aman, justru itulah yang menyebabkan sistem kalian kacau.
Misal : Antirvirus 1 akan membaca data 'X' sebagai virus, sedangkan antivirus 2 membaca data 'X' justru aman dan bukan virus. Dan jika hal itu sudah terjadi akan terjadi kekacauan sistem, kedua atau ketiga antivirus yang anda pasang akan saling claim virus, padahal nyatanya file tersebut aman dan bukan virus. Jadi saya sarankan untuk gunakan satu antivirus saja, kalo saya recommend sih Avira karena pengunaannya yang tidak ribet dan gratis.

Langkah Kelima
Seringlah untuk menghapus Recycle Bin dan File File download atau apapun yang sudah tidak terpakai di Local Disk C ( kecuali file system ) tujuannya agar part disk tersebut tidak penuh karna bisa memperlambat kinerja system .

Sumber : Google Image
Itulah beberapa info bagaimana cara sederhana untuk meminimalisir buat kalian yang sering install ulang windows apa lagi kalau kalian harus membayar untuk mengganti ulang system kalian.
Jika ada yang perlu ditambahkan atau ditanyakan silahkan kita bahas sama - sama di kolom komentar .
Untuk perawatan sederhana perangkat kerasnya bisa di baca disni : Merawat Perangkat Laptop .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan Santun .